jump to navigation

Cara Registrasi Kartu Perdana Xl, Simpati, Mentari, As, Flexi, Esia, Smart, Fren January 30, 2012

Posted by admin in : Mobile , trackback

Artikel berikut menjelaskan cara registrasi kartu perdana Anda, berlaku untuk semua kartu seperti xl, simpati, mentari, as, flexi, esia, smartfren, dan lain-lain. Sejak 2006, Pemerintah Indonesia memberlakukan aturan untuk setiap nomor kartu pra bayar dari operator mana pun untuk meregistrasikan nomor tersebut ke identitas pengguna.

Tujuannya adalah mengurangi penyalahgunaan jasa telekomunikasi dan mengurangi pemborosan nomor handphone terutama bagi pengguna yang sering mengganti nomor. Seperti kita ketahui, nomor handphone perdana sangat mudah didapatkan dan murah harganya. Kemudahan ini ternyata memberikan celah dimana orang dengan mudah menyalahgunakan telekomunikasi seperti penipuan, terorisme, korupsi dan lain-lain. Dan karena harga perdana murah maka pengguna tidak takut untuk menghanguskan nomornya.

Saya masih ingat, dulu nomor perdana sangatlah mahal, bisa sampai 1jt, belum lagi handphonenya. Sekarang nomor perdana bisa dibeli seharga 5000 rupiah. Sangatlah murah, sehingga dahulu orang jarang mengganti nomor bahkan kalo ingin mengganti nomor, orang tersebut memilih untuk menjual nomornya.

Sampai saat ini masih banyak yang menganggap registrasi kartu perdana rumit, namun sebenarnya tidak. Kalau anda memasang kartu perdana pertama kali akan muncul prosedur untuk registrasi nomor. Anda tinggal memasukkan data-data sebagai berikut

Atau registrasi juga bisa menggunakan format sms ke 4444. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Mulai dengan mengirim Pesan “Daftar” ke 4444, jika nomor anda sudah teregistrasi maka akan muncul pesan bahwa nomor anda sudah pernah diregistrasi, dan petunjuk mengubah data disertakan dalam balasan email dari 444
  2. Jika belum diregistrasi, lanjutkan dengan mengetik pesan dengan format sebagai berikut

    Nama#Nomor Kartu Identitas#Jenis Kartu Identitas#Alamat#Kota#Tempat lahir#Tanggal lahir#Pekerjaan

    Contoh :

    Andi#12345677#KTP#Jl seroja 2#jakarta#jakarta#19/01/1990#Pegawai

    Kemudian kirim ke 4444

  3. Anda akan mendapat pesan konfirmasi sebagai berikut

    Saya menyatakan data tersebut sesuai dengan kartu identitas. [Nama Operator] berhak menonaktifkan bila data tidak sesuai . 1=kofirmasi

    Kemudian balas sms tersebut dengan mengetik pesan “1″, kirim ke 4444

  4. Jika berhasil Anda akan mendapatkan pesan sebagai berikut

    Registrasi nomor [Nama Operator] Anda telah selesai. Terimakasih atas partisipasi Anda.

Tidaklah sulit bukan, untuk meregistrasikan kartu perdana anda, mungkin pesan bisa berubah sewaktu-waktu, namun langkah-langkah untuk registrasi kartu perdana tidak jauh dari 4 langkah diatas. Perlu diingat registrasi kartu perdana gratis.

Comments»

1. fun bali trip - February 29, 2012

banyak kartu perdana yang di registrasi yang asal asalan, dan alamat di pakai yang fiktif gmn tuh?

2. admin - March 1, 2012

sekarang registrasi kartu perdana menunggu implementasi E-Ktp

3. rista - June 25, 2012

Kan nomor ada tulisan tidak diizinkan kenapa ya ?

4. nurul - October 15, 2012

mengapa saat pertama kali kartu perdana di masukkan ke hp tidak ada muncul pesan registrasi

5. ivan - November 29, 2012

trs bagaimana cara mengganti Identitas, seperti pemilik kartu yg berganti kepemilikan, atau alamat yg berubah?

6. ridwan - December 20, 2012

sy bli prdana xl madura.sy org jember-jatim.apa code aktfsi xl madura,krn sy reg k 4444 d tpt sy ga2l kt’y sih pake code jka d aktfin d luar madura gan.. Trm ksh..

7. yeye - January 2, 2013

dftarin udah tp ko ga da plsanya cman langsung RBT,,, gmna tuh,,,?

8. ary susanto - January 14, 2013

kemarin tmnku dpt tlp,ktnya dpt uang 10,5jt dari penghargaan reg kartu 4444. Lucunya lg org tsb menyuruh ke ATM,tmnku bilang ” udah deh pak uangnya buat bpk semua” eh dia mlh marah2… Akhirnya sama temenku dan aku org tsb dikerjain dgn dijwb muter2. Hati hati skg bnyk kedok penipuan. Orang tsb mengaku DENI PERMANA

9. anne - April 4, 2013

saya baru saja membeli perdana esia gratis nelpon dan sms sepuasnya!
saya sudah registrasi tapi waktu saya hendak menelpn tidak bisa karna blm registrasi,saya coba ikutin petunjuknya untuk mengisi data ke no 4444 namun tetap tidak bisa.apakah yang salah??

10. Ratna Sri Andriyani - April 30, 2013

Waktu pertama kali sy membeli kartu xl, sy tdk mengerti cara registrasinya, akhirnya diregistrasikan oleh sipenjual dgn identitas yg tdk jelas. Kartu xl tsb
sampe skrng msh sy pakai (sdh hampir 1,5 thn). Bgmn cara mengganti/
merubah identitas kartu xl dari identitas yg tdk jelas dari sipenjual ke identitas pribadi sy?
Mhn bantuannya XL-Axiata, trimaksh seblmnya.